Just Give Me Five to Change the World

Posted On August 27, 2011

Filed under activity

Comments Dropped 2 responses


Just Give Me Five to Change the World

Aksi Menyambut Hari Anak Nasional

            Pada tanggal 10 Juli 2011 lalu, aku dan teman-teman KOMPAK (Komunitas Orang Muda anti Perdagangan Anak dan Eksploitasi Seksual Anak) sebagai komunitas anak muda yang peduli terhadap isu perdagangan orang dan eksploitasi seksual anak berencana mengadakan kegiatan “Just Give Me Five to Change the World”. Arti angka lima dalam nama kegiatan acara ini ialah dengan memberikan cap tangan dari setiap peserta maka diharapkan mereka sudah mau ikut sama-sama berkomitmen untuk memerangi perdagangan orang dan eksploitasi seksual anak di Indonesia. Selain itu dengan memberikan waktu mereka 5 menit, mereka juga dapat mendengarkan info menarik mengenai isu tentang perdagangan orang dan eksploitasi seksual anak. Acara ini sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap nasib anak-anak korban trafficking. Sekaligus memperingati Hari Anak Nasional.

Tujuan dari Aksi ini adalah pertama meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu perdagangang orang dan eksploitasi seksual anak dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional yang akan jatuh pada tanggal 23 Juli 2011. Kedua meningkatkan partisispasi masyarakat untuk ikut berkomitmen dalam memerangi isu perdagangan orang dan eksploitasi seksual anak melalui partisipasi dalam acara ini.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa bagian antara lain Sosialisasi mengenai perdagangan orang dan eksploitasi seksual anak serta hak-hak anak, Memberikan tanda cap tangan di spanduk sebagai bentuk komitmen untuk ikut memerangi perdagangan orang dan eksploitasi seksual anak. Bike free style performance. Penandatanganan petisi sebagai bentuk aksi nyata untuk ikut berpartisipasi menolak perdagangan orang dan eksploitasi seksual anak.

Kami melaksanakan di sepanjang jalan Sudirman bertepatan dengan Car Free day. Pada pelaksanaannya, saya dan beberapa teman datang pada pukul 05.00 wib yang kemudian kami mulai dengan memasang tenda dan melakukan persiapan lainnya. Sekitar pukul 07.00 wib kami pun mulai berpencar untuk mendapatkan tanda-tangan dan gambar cap tangan dari masyarakat sebagai bentuk petisi.

Tentunya dalam pelaksanaanya tersebut banyak hal yang akan ditemui. Dari anak-anak hingga yang dewasa, baik yang masih peduli hingga yang tidak sama sekali. Jalan sambil mengulangi kata-kata yang sama dan harus siap untuk ditolak. Dalam satu sisi ada pertanyaan untuk orang-orang yang menolak “bagaimana jika anak mereka yang menjadi korban? Apakah tidak kasihan?” tapi balik lagi, setiap orang mempunyai perspektif yang berbeda, kita tidak dapat memaksakan hal tersebut kecuali atas kesadaran orang tersebut.

Selain adanya aksi kami, ada juga aksi “Cintai Buah Lokal” dari mahasiswa IPB dan kampanye “Bebas Rokok”. Ternyata Car Free day merupakan hari yang efektif digunakan untuk melakukan kampanye, selain karena untuk ajang olahraga jalan maupun sepeda.

Hingga akhir pengumpulan petisi, Alhamdulillah kami mengumpulkan 900 petisi. Tentunya atas kerjasama dari berbagai pihak baik anak KOMPAK, ECPAT, Team Body Shop, Komunitas Sepeda, dan tak lupa kepada Candil (mantan vokalis Serieus).

2 Responses to “Just Give Me Five to Change the World”

  1. erick azof

    great movement from a great young people !😀 tanamkan slalu smgt untuk bs memperbaiki bangsa ini dari keterpurukan..save our children, save our nation..

    Ditunggu tulisan2nya ya chor..😉

  2. chornie

    asyiikkk..
    makasih ya kakak erick😀

    mohon bimbingannya wahai senior..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s