“Pick Up Your Trash” and “What Do You See?”

Posted On May 17, 2011

Filed under story

Comments Dropped leave a response


“Pick Me Up” dan “What do You See” merupakan acara yang diselenggarakan dari tim GCC yang beranggotakan Dhani, Resi, Cimut, Masdan, Anggun dan saya sendiri (Chorni). Kami sepakat untuk melaksanakan acara yang bertemakan “Aku, Kamu, dan Bumi”. Pada kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan suatu pemahaman dan pendidikan mengenai sampah. Acara ini berlangsung selama dua hari. Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak SD 03 Pocin.

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pendidikan mengenai pentingnya menjaga kebersihan, memilah sampah, dan mengolah sampah. Sasarannya ini adalah anak-anak SD 03 Pocin.

Dalam hal ini  ada beberapa hal yang dibahas melalui SWOT untuk melaksanakan kegiatan ini. Diantaranya adalah Strength dimana kekuatan dari anak SD adalah cara ingin mengetahui mereka yang lebih besar. Sehingga ketika mempeajarinya mereka menyimak. Weakness dari mereka adalah waktu yang susah untuk disepakati. Dari pihak anak SD waktu yang diinginkan tidak sesuai sehingga harus disesuaikan dengan pihak sekolah. Opportunities atau kesempatan anak-anak SD tersebut adalah dengan adanya pemberian pemahaman pada kegiatan ini diharapkan agar mereka dapat menyebarkan ke teman-teman mereka sehingga ilmu yang mereka dapatkan bisa disebarkan kepada orang lain. Sedangkan, untuk Threat atau ancaman ini mereka tidak bisa mempraktikkan kepada orang lain dikarenakan kesibukan mereka sendiri.

Acara pembekalan ini dilakukan pada hari Selasa, 26 April 2011 dan Rabu, 27 April 2011. Acara tersebut dibuat suatu rangkaian. Dimana pada pembekalan untuk anak-anak diberikan pemahaman mengenai kebersihan, mengelola sampah, pemisahan sampah. Anak-anak SD dilaksanakan selama dua hari dari pukul 08.00 hingga 10.00 wib. Yang berbentuk rangkaian dengan cara pemutaran film, penjelasan  mengenai film tersebut serta membuat semacam permainan dengan cara anak-anak mencari sampah kemudian memilah sampah tersebut antara Organik dan Anorganik. Setelah itu, pada hari kedua dilaksanakan lomba menggambar mengenai lingkungan menurut anak-anak tersebut. kemudian anak-anak tersebut menceritakan mengenai kisah dari gambar tersebut.

Berikut contoh dari susunan acara yang dilaksanakan di SD :

Susunan Acara di SD 03 Pocin

 

1. Pick Up Your Trash

08.00 : Pembukaan dan Perkenalan
08.10 : Pemutaran Film bertemakan Lingkungan
08.40 : penjelasan mengenai Film (3R)
09.00 : Menggiring siswa keluar kelas dan meminta mereka memungut sampah di sekitar mereka
09.15 : Games memilah sampah
09.45 : Penutupan

2.  What Do You See?

08.00 : Pembukaan
08.10 : siswa Menggambar sesuai dengan tema
09.30 : beberapa siswa menceritakan isi gambar
09.45 : pemberian reward
10.00 : penutupan

Alhamdulillah acaranya berlangsung dengan lancar walau ada beberapa yang tidak seharusnya. hanya saja, walaupun adanya hambatan (teknis) tetapi kami semua bisa melewatinya. itulah yang dikatan dengan team work. masalah dapat terselesaikan dengan bersama-sama. atas pemikiran bersama, menjadi lebih mudah.
terima kasih ya teman-teman atas kerjasamanya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s