National Workshop Youth Participation Program Stop Trafficking and Sexual Exploitation of Children and Young People #2

Posted On April 6, 2011

Filed under Uncategorized

Comments Dropped leave a response


Pada Hari kedua workshop ini, kami dikumpulkan sekitar jam 8 pagi setelah makan pagi. Kami pun makan dan kemudian kami berkumpul kembali di aula untuk diberikan materi. Materi di hari kedua mengenai pembentukan suatu organisasi. Dalam sehari kami membahas mengenai pembuatan struktur, sistem manajemen organisasi, tata tertib, dan program kerja. Fasilitator kami menjelaskan secara bertahap sesuai dengan urutannya. Kemudian setelah dijelaskan, masing-masing perwakilan daerah mempresentasikan hasil mereka. kemudian  setelah dipresentasikan, masing-masing dari kami mengeluarkan pendapat mengenai apa saja yang dibahas untuk pembentukan lembaga ini secara nasional. Apakah  sesuai ataukah tidak, yang hasilnya melalui musyawarah. Persamaan persepsi mengenai suatu organisasi bisa dikatakan sulit karena peserta yang hadir berkisar dari kelas 2 SMP hingga Perguruan Tinggi. Sehingga tidak semua mengerti mengenai organisasi tersebut. tidak jarang kami sering berbeda pendapat, tetapi dari hal tersebut masing-masing dari kami jadi belajar bagaiamana kondisi masing-masing daerah serta kendalanya.

 

Setelah pembahasan mengenai sistem management organisasi dibahas, kami pun istirahat makan siang yang kemudian dilanjutkan dengan outbond. Kami berkumpul dan dikelompokkan menjadi tiga kelompok yang kemudian kami pun bermain. Permainan pertama dilakukan dengan menggunakan bambu yang masing-masing dari individu menggunakan satu jari untuk menopangnya dari atas ke bawah, begitu pula sebaliknya. Setelah itu, dilanjutkan dengan permainan menggunakan ember yang diikat oleh tali rafia di sisi ember tersebut, yang kemudian ember tersebut berisi air dan bola. Permainannya ini bagaimana menuangkan air di dalam ember ke ember satu lagi tanpa menjatuhkan bola tersebut yang mana ember tersebut diletakkan di tengah-tengah lingkaran yang kami tidak boleh melewatinya tanpa memegang tali dari ember tersebut. permainan ketiga adalah permainan yang menggunakan tali rafia pendek yang dipegang pada salah satu tangan setiap anak yang kemudian tangan yang memegang tali rafia dipegang di satu sisinya dengan orang lain, dan begitu pula sebaliknya tangan yang satu lagi memegang tali rafia temannya.

 

 

Setelah masing-masing memegang maka kami harus membuat satu lingkaran utuh tanpa adanya yang yang “kelibet”. setelah permainan berakhir, kami pun istirahat. Kami pun melanjutkan kembali materi mengenai pengorganisasian diantaranya adalah tata tertib dan program kerja. Program kerja ini meliputi program kerja dan program aksi. Kami berdiskusi mengenai tata tertib dan proker apa saja yang baik untuk dilaksanakan selama 1,5 tahun kepengurusan.

Malam hari pun tiba,  kami makan malam kemudian dari 21 orang peserta, ada 9 orang yang menjadi perwakilan untuk dilaksanakan FGD (Focus Group Discussion) membicarakan mengenai Culture and The Affect of Globalization in Indonesia. saya merupakan salah satu perwakilan tersebut yang berbicara dengan Isabela, mahasiswa dari Swedia. Isabela menanyakan mengenai kebudayaan latar belakang kami, apa saja keunikan dari kebudayaan Indonesia, apakah berpengaruh terhadap globalisasi dan efeknya apa?. Pembicaraan kami pun dilanjutkan keesokan harinya karena agenda untuk besok dimulai jam 6 pagi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s