National Workshop Youth Participation Program Stop Trafficking and Sexual Exploitation of Children and Young People #1

Posted On April 6, 2011

Filed under story

Comments Dropped leave a response



Pada hari rabu ini, bus keberangkatan yang membawa saya dan peserta dari national workshop ini berangkat pada pukul 09.30 wib dari Kalibata ke Bogor. Dalam bus tersebut terdapat beberapa orang yang mengikuti kegiatan ini. Diantaranya perwakilan dari beberapa LSM dari empat kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Batam, Medan, dan Lampung. Selain itu ada dua mahasiswa dari Swedia yang mana mereka berdua merupakan internship student ECPAT. Kemudian kami pun tiba di GG House Happy Valley yaitu penginapan kami. Kami dibagikan kamar dan merapikan barang bawaan kami di kamar masing-masing. Kemudian kami dikumpulkan di Aula untuk mendapatkan pengarahan pertama. Kami absen dan dibagikan beberapa buku dan kaos yang langsung kami gunakan.

 

 

 

Pembekalan pertama yaitu materi mengenai latar belakang diadakan acara workshop ini serta penjabaran dariTrafficking dan Sexual Exploitation. Setelah itu kami menuliskan harapan dan kekhawatiran dalam sebuah kertas yang telah disediakan selama tiga hari mendatang kemudian di tempelkan di papan sesuai dengan subjeknya. Setelah itu dilanjutkan dengan materi Johari’s Windows yang mana menceritakan mengenai diri sendiri apa yang diketahui setiap individu mengenai sifat dirinya dan orang lain, apakah dirinya dan orang lain mengetahuinya ataukah tidak. Darin Johari’s Windows kemudian dilanjutkan dengan materi mengenai pengenalan diri sendiri melaui empat kategori sifat. Diantaranya adalah koleris, melankolis, sanguinis, dan pleghmatis. Fasilitator kami memberikan kami dua lembar pertanyaan yang kemudian kami jawab. Dari pertanyaan tersebut akan mendapatkan hasilnya sesuai yang dikategorikan. Dari hal tersebut kita dapat mengeatahui tipe pemimpin atau tipe perfeksionis. Ada diantara kami baru mengetahui hal tersebut sehingga, teman-teman exciting terhadap hal ini. Hal ini membantu kami untuk dapat mengetahui bagaimana kinerja setiap individu. Setelah pemberian materi terakhir, masing-masing dari kami diberikan amplop dan kami ditugaskan untuk menamai amplop tersebut kemudian menempelkan sebagai tempat untuk diberikan kata-kata motivasi oleh teman-teman lainnya.

 

Setelah acara tersebut, kami pun istirahat sore hingga makan malam. Tetapi untuk perwakilan dari Jakarta, kami dikumpulkan lebih cepat 45 menit lebih cepat untuk membahas struktur organisasi, sistem management organisasi, tata tertib, program kerja, dan program aksi. Karena daerah Jakarta belum pernah diadakan preworkshop dibandingkan kota lainnya, sehingga pada malam tersebut kami pun mengerjakan dengan dibagi menjadi tiga tim, yang kemudian hasilnya akan dipresentasikan untuk keesokan harinya. Setelah itu, kami pun makan malam dan berangkat ke puncak pas (mesjid Ta’-Awwun) yang rencananya makan jagung bakar, tetapi akhirnya tidak jadi, sehingga kami hanya mengobrol saja dengan yang lain sambil menatapi pemandangan malam dari puncak pas tersebut. sekitar jam 10 malam pun kami pulang ke penginapan.

Rabu, 23 Maret 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s