MURAL

Posted On November 18, 2010

Filed under friendship, mixed, story

Comments Dropped 2 responses


Pada hari minggu, tanggal 14 November 2010 dari GCC (Global Citizen Corps) Indonesia bekerja sama dengan Program Mercy Corps lainnya yaitu KEBAL (Kedai Balitaku) membuat kegiatan Mural. Mural itu adalah sebuah lukisan / gambar yang ada di tembok-tembok, yang mana ukuran gambarnya gede dan warna-warni. Leaders GCC akan diberikan pensil, cat tembok, kuas baik ukuran besar ataupun kecil kemudian Leaders tersebut akan menggambar, mulai dengan skestsa hingga melukis di tembok. Leaders GCC pun diajari bagaimana melukis dan men-sketsa. Untuk membuat sketsa dilakukan dengan cara contoh gambar yang sudah jadi di proyeksikan ke tembok dengan LCD, yang kemudian Leaders GCC mulai men-sketsa mengikuti gambar tersebut. kemudian gambar yang ada pun di print warna dan leaders GCC yang dapat bagian melukis akan melukis sesuai dengan gambar tersebut. leaders GCC pun juga dapat pengarahan dalam melukis dari orang yang bekerja disana sehingga daam mengerjakan pun tidak asal.

Tempat tersebut itu terletak di suatu rumah yang terletak di Tegal Alur. Kami diberikan kesempatan untuk membuat mural pada empat tembok. Tiga di ruangan depan dan satu di ruangan tengah. Karena ini adalah hal yang baru bagi GCC Leaders, maka anak-anak GCC leaders pun sangat antusias untuk mengerjakan, selain itu mereka pun mendapatkan pengetahuan untuk membuat mural. Acara ini dilaukan selama dua minggu pada sabtu dan minggu tanggal 6-7 November dan 13-14 November 2010. Pada minggu pertama dilakukan sketching dan minggu kedua mulai mengecat.

Tempat tersebut itu terletak di suatu rumah yang terletak di Tegal      Alur. Kami diberikan kesempatan untuk membuat mural pada empat tembok. Tiga di ruangan depan dan satu di ruangan tengah. Karena ini adalah hal yang baru bagi GCC Leaders, maka anak-anak GCC leaders pun sangat antusias untuk mengerjakan, selain itu mereka pun mendapatkan pengetahuan untuk membuat mural. Acara ini dilaukan selama dua minggu pada sabtu dan minggu tanggal 6-7 November dan 13-14 November 2010. Pada minggu pertama dilakukan sketching dan minggu kedua mulai mengecat.

 

 

 

Dalam dua minggu tersebut, saya mengikuti pada hari terakhir tanggal 14 November. Pada hari tersebut, yang dilakukan adalah mengecat dan merapikan hasil cat tersebut. GCC Leaders yang hadir ada 10 orang ditambah saya dan Ka Joan. Pada awalnya kami ingin memulai pada pukul 10.00 tetapi karena telat berangkatnya sehingga baru dimulai sekitar pukul 11.15 wib, yang sebelumnya ade dan empat teman lainnya sudah datang dan mulai mengecat dari jam 10. Bisa dikatakan  dalam hal ini, kami tidak ontime. Ini dikarenakan dari kesepakatan awal untuk berangkat pukul 09.30 wib dari Mercy Corps belum ada yang datang dari anak-anak GCC Leaders. Kemudian, kami baru berangkat sekitar pukul 10.30 wib setelah menunggu anak-anak GCC leaders. Kami pun berangkat dengan menggunakan dua mobil Mercy Corps dan menjemput salah satu anak GCC  di blok M.

 

 

Sesampainya disana, kami pun mulai membagi tugas dan mengerjakan tugas kami. Dari dua belas orang termasuk saya dan ka Joan, membagi tugas pada empat tembok.  Ketika mengerjakan hal yang paling sulit adalah mencari warna yang sesuai dengan apa yang digambar. Karena cat yang disediakan adalah warna primer, yaitu merah, hitam, putih, hijau, biru, dan kuning, sehingga untuk membuat suatu warna dilakukan dengan mencampurkan dengan berbagai warna sesuai yang diinginkan, tetapi tidak jarang jika menjadi salah warna. Ini dapat dilihat dengan berbagai gambar yang ada di tembok. Misalnya saja di bagian “gizi seimbang” untuk mencari warna putih untuk kulit pisang, dan warna apel yang yang mempunyai gradasi hijau-merah-kuning dan itu cukup membuat bingung. Serta ada beberapa warna yang seharusnya beda, tetapi menjadi sama, sehingga harus mengecat kembali. Hal yang sulit adalah merapikan, karena dari GCC Leaders banyak yang baru belajar sehingga ketika mengecat dan menggunakan kuas, melewati batas garis. Selain itu, ada beberapa kesalahan dalam menggambar. Misalnya adalah pada gambar ikan yang tidak sesuai dengan gambardi dalam contoh. Sehingga menjadi merubah bentuk, unntuk meyempurnakan sisik tersebut ditambahkan beberpa “totol” pada ikan, yang dimaksudkan adalah sisik ikan. Begitu pula pada jagung, yang saah memberikan warna, sehingga ditambahkan “totol” kuning pada jagung tersebut agar bentuknya menyerupai jagung. Pekerjaan ini dikerjakan hingga pukul 17 40 wib. Yang diakhiri dengan foto bersama.

hal yang paling dinikmati ketika kami mencicipi agar-agar yang berserat yang benar-benar dibuat alami tidak memakai pemanis buatan ataupun lainnya. menurut ibu-ibu yang membuatnya, itu dibuat dari jus buah (jambu merah dan jeruk) yang kemudian di campur dengan nutri jel yg tidak berasa. sehingga benar-benar rasa buah tersebut. ini bisa diketahui ketika saya hampir memakan biji jeruk dari agar-agar tersebut. begitu pula dengan rasa jambu merah, benar-benar terasa serat dari jambu merah tersebut. hal yang sangat menyenangkan karena dapat mengetahui resep makanan sehat untuk anak-anak yang sangat mudah untuk dibuat.

but so far, it was really good. I really enjoy and thanksfull becoz i’m part of them, learning so much what i’ve got..have many new friends with diffrent culture and background.. so much fun.. can’t wait to do another job..

 

 

 

2 Responses to “MURAL”

  1. Eryan Ramadhani

    aarrrgghhh…pingin…eh tapi kok bisa bagus gak meleber kemana2 Chor jadinya? kalo aku yang ngewarnain pasti udah gak karuan jadinya…hahaha…

    • chornie

      itu juga sebenarnya udah meleber. tp ya kita siasatin lagi..kasian yang finishing, “really finishing” dy yg ngebetulin smua..
      blazer n jilbabku kena cat,, hikz…seruu deh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s