Si Hijau Pengusir Nyamuk

Posted On March 11, 2010

Filed under healthy

Comments Dropped 2 responses


Kalian tahu ada tumbuhan yang digunakan sebagai pengusir nyamuk? Yang biasa kita ketahui adalah lavender. Lavender ini hanya biasa dipasok dari Bandung, Jawa Barat. Karena lantaran tanaman yang satu itu tak tahan terhadap udara panas Jakarta. Nah, sekarang kita dapat mengetahui tanaman yang baru yaitu disebut zodia (Evodia suaveolens).

Peneliti tanaman dari Departemen Biologi Fakultas Matematika dan IPA Universitas Indonesia, Susiani Purbaningsih, menyatakan memang ada tanaman yang bisa dipakai melawan gangguan nyamuk. Ada tanaman yang mengusir dan ada yang menarik nyamuk sehingga mereka berkumpul dekat pohon, tak berseliweran di dalam rumah.

Selama ini di kalangan masyarakat sudah dikenal beberapa tanaman yang dipercaya mampu mengusir nyamuk selain zodia. Sebut saja geranium atau tapak doro, sereh, lavender, hingga aroma jeruk.

Adapun untuk lavender, memang sudah terbukti, namun hanya untuk jenis lavender yang tumbuh di iklim subtropis. Sedangkan lavender asli Indonesia belum diteliti. Zodia ini mengeluarkan bau yang mengusir nyamuk atau senyawa kimia yang mengganggu sistem sarafnya. Sehingga dapat mengurangi nyamuk yang bertebaran dimana-mana.

Nah, agar efektif lebih baik memilih zodia dewasa dengan tinggi tanaman 30-40 sentimeter. Pada usia itu tanaman sudah menghasilkan senyawa kimia yang cukup untuk mempengaruhi nyamuk.

Zodia bisa diletakkan di teras ataupun dekat pintu dan jendela demi mencegah nyamuk masuk. Mereka yang sering beraktivitas di taman atau kebun juga bisa menanam zodia di antara tanaman lain, tentunya jumlahnya harus seimbang dengan luas lahan

Lebih baik agar tak menaruh tanaman antinyamuk di dalam rumah, apalagi di kamar tidur. Selain tanaman pada malam hari mengeluarkan karbon dioksida, belum ada penelitian soal efek senyawa kimia yang dihasilkan tanaman antinyamuk terhadap manusia

Langkah Alami Atasi Nyamuk
Ada banyak cara melawan gangguan nyamuk. Bagi mereka yang tak suka memakai obat nyamuk kimiawi, langkah-langkah berikut ini bisa ditempuh.

1. Cegah nyamuk berkembang biak dengan menghindari benda-benda yang dapat menampung air di sekitar rumah. Kuraslah bak mandi secara teratur untuk membunuh telur dan larva nyamuk.

2. Jangan biarkan nyamuk masuk, tutuplah jendela saat hari mulai sore. Atau pakailah tirai dan pasanglah kawat nyamuk di ventilasi.

3. Tempatkan tanaman antinyamuk di teras dan pekarangan.

4. Jika pekarangan penuh pohon, pangkaslah bagian dahan yang dekat dengan tanah. Ini membuat angin bisa bergerak tanpa hambatan di pekarangan, yang membuat nyamuk tak betah.

5. Kenakan pakaian dengan warna terang, karena nyamuk tertarik kepada warna-warna gelap

6. Manfaatkan alat pengusir dan pembunuh nyamuk elektrik. Ada alat pengusir nyamuk yang memakai bunyi ultrasonik, ada juga yang langsung membunuh nyamuk, seperti raket nyamuk, atau alat yang di dalamnya memakai kipas besar untuk melumpuhkan nyamuk. Alat-alat ini biasanya dijual di toko perlengkapan rumah tangga dan hipermarket.

7. Tekan pertumbuhan populasi nyamuk menggunakan predator alaminya, seperti memelihara ikan di kolam pekarangan rumah.

2 Responses to “Si Hijau Pengusir Nyamuk”

  1. Muliadi

    Semangat nulis mbak…

  2. Muliadi

    jangan lupa mampir k blog ane mbak …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s