Si Hijau Pengusir Nyamuk

Posted On March 11, 2010

Filed under healthy

Comments Dropped 2 responses


Kalian tahu ada tumbuhan yang digunakan sebagai pengusir nyamuk? Yang biasa kita ketahui adalah lavender. Lavender ini hanya biasa dipasok dari Bandung, Jawa Barat. Karena lantaran tanaman yang satu itu tak tahan terhadap udara panas Jakarta. Nah, sekarang kita dapat mengetahui tanaman yang baru yaitu disebut zodia (Evodia suaveolens).

Peneliti tanaman dari Departemen Biologi Fakultas Matematika dan IPA Universitas Indonesia, Susiani Purbaningsih, menyatakan memang ada tanaman yang bisa dipakai melawan gangguan nyamuk. Ada tanaman yang mengusir dan ada yang menarik nyamuk sehingga mereka berkumpul dekat pohon, tak berseliweran di dalam rumah.

Selama ini di kalangan masyarakat sudah dikenal beberapa tanaman yang dipercaya mampu mengusir nyamuk selain zodia. Sebut saja geranium atau tapak doro, sereh, lavender, hingga aroma jeruk.

Adapun untuk lavender, memang sudah terbukti, namun hanya untuk jenis lavender yang tumbuh di iklim subtropis. Sedangkan lavender asli Indonesia belum diteliti. Zodia ini mengeluarkan bau yang mengusir nyamuk atau senyawa kimia yang mengganggu sistem sarafnya. Sehingga dapat mengurangi nyamuk yang bertebaran dimana-mana.

Nah, agar efektif lebih baik memilih zodia dewasa dengan tinggi tanaman 30-40 sentimeter. Pada usia itu tanaman sudah menghasilkan senyawa kimia yang cukup untuk mempengaruhi nyamuk.

Zodia bisa diletakkan di teras ataupun dekat pintu dan jendela demi mencegah nyamuk masuk. Mereka yang sering beraktivitas di taman atau kebun juga bisa menanam zodia di antara tanaman lain, tentunya jumlahnya harus seimbang dengan luas lahan

Lebih baik agar tak menaruh tanaman antinyamuk di dalam rumah, apalagi di kamar tidur. Selain tanaman pada malam hari mengeluarkan karbon dioksida, belum ada penelitian soal efek senyawa kimia yang dihasilkan tanaman antinyamuk terhadap manusia

Langkah Alami Atasi Nyamuk
Ada banyak cara melawan gangguan nyamuk. Bagi mereka yang tak suka memakai obat nyamuk kimiawi, langkah-langkah berikut ini bisa ditempuh.

1. Cegah nyamuk berkembang biak dengan menghindari benda-benda yang dapat menampung air di sekitar rumah. Kuraslah bak mandi secara teratur untuk membunuh telur dan larva nyamuk.

2. Jangan biarkan nyamuk masuk, tutuplah jendela saat hari mulai sore. Atau pakailah tirai dan pasanglah kawat nyamuk di ventilasi.

3. Tempatkan tanaman antinyamuk di teras dan pekarangan.

4. Jika pekarangan penuh pohon, pangkaslah bagian dahan yang dekat dengan tanah. Ini membuat angin bisa bergerak tanpa hambatan di pekarangan, yang membuat nyamuk tak betah.

5. Kenakan pakaian dengan warna terang, karena nyamuk tertarik kepada warna-warna gelap

6. Manfaatkan alat pengusir dan pembunuh nyamuk elektrik. Ada alat pengusir nyamuk yang memakai bunyi ultrasonik, ada juga yang langsung membunuh nyamuk, seperti raket nyamuk, atau alat yang di dalamnya memakai kipas besar untuk melumpuhkan nyamuk. Alat-alat ini biasanya dijual di toko perlengkapan rumah tangga dan hipermarket.

7. Tekan pertumbuhan populasi nyamuk menggunakan predator alaminya, seperti memelihara ikan di kolam pekarangan rumah.

Idealnya Seorang Pemuda

Posted On March 7, 2010

Filed under poems

Comments Dropped leave a response


Dia Pribadi muslim,

Berhati emas, berpotensi prima,

Yang di kala damai

Anggun petaka kijang dari padang perburuan

Yang di kala perang

Perkasa bak harimau kumbang

Dia perpaduan manis empedu

Satu kali dengan kawan

Lain kali dengan lawan

Yang lembut dalam berbahasa

Yang teguh membawa Suluh

Angannya sederhana

Citanya mulia

Tinggi Keutamaan dalam hati-hati

Tinggi budi, rendah hati

Dialah sutera halus di tengah sahabat tulus

Dialah baja

Ditentangnya musuh durhaka

Dia ibarat gerimis atau embun tiris

Yang memekarkan bunga-bunga

Yang melambaikan tangkai-tangkai

Dia juga puting beliung

Yang melemparkan ombak menggunung

Yang mengguncang laut ke relung-relung

Dialah gemericik air di taman sari, asri

Dia juga penumbang segala belantara

Segala Sahara

Dialah pertautan agung iman Abu Bakar

Perkara Ali

Papa Abu Dzar

Teguhnya Salman

Mandirinya di tengah massa yang bergoyang

Ibarat lentera ulama di tengah gulita sahara

Dia pilih syahid fi sabilillah atas segala kursi dan upeti

Dia menuju bintang menggapai malaikat

Dia tentang tindak Kuffar pola aniaya di mana saja

Maka nilainya pun membumbung tinggi

Harganya semakin tak terperi

Maka siapakah yang akan sanggup membelinya

Kecuali Rabb-nya?

syair : Muhammad Iqbal

dari buku Gombal Warning

just test,, check a look,,

Posted On March 6, 2010

Filed under personality test

Comments Dropped one response


buat iseng2 aj neh

Kuis Sifat Asli Mau tau sifat asli kita?

Cobain deh kuis yang satu ini. Kuisnya agak sedikit butuh Kerajinan, ambil bolpen catet nama binatangnya dan no.urut untuk hasil terakhir. Kayaknya hasilnya nggak jauh banget dech dari sifat kita.

Selamat mencoba ..

1. Bentar lagi mau kiamat nih. Kalo kamu bisa nyelametin satu jenis binatang, binatang manakah yang beruntung?

a. Kelinci

b. Domba

c. Rusa

d. Kuda

2. Kamu lagi maen ke Afrika, eh trus dipaksa bawa binatang pulang buat souvenir. Kamu akan pilih?

a. Monyet

b. Singa

c. Ular

d. Jerapah

3. Ceritanya kamu dikutuk sama Tuhan jadi binatang. Kamu milih Jadi apa?

a. Anjing

b. Kucing

c. Kuda

d. Ular

4. Jika kamu diberi kekuatan untuk memusnahkan suatu spesies, spesies mana yang akan jadi korban?

a. Singa

b. Ular

c. Buaya

d. Hiu

5. Suatu hari, kamu nemu binatang yang bisa bicara. Kamu berharap binatang itu adalah?

a. Domba

b.. Kuda

c. Kelinci

d. Burung

6. Kalo kamu ada di pulau terpencil dan cuman bisa punya 1 teman, pilih yg mana?

a. Manusia juga

b. Babi

c. Sapi

d. Burung

7. Andaikan kamu bisa bikin binatang buas jadi jinak, kamu akan pelihara?

a. Dinosaurus

b. Harimau putih

c. Beruang kutub

d. Leopard

8. Kalo kamu bisa jadi binatang selama 5 menit, mau jadi yang mana?

a. Singa

b. Kucing

c. Kuda

d. Merpati

JAWABANNYA :

1. Pada dasarnya kamu tertarik dengan orang yang.

a. KELINCI – orang yang susah ditebak, contoh: keliatannya cuek banget padahal aslinya super perhatian

b. DOMBA – patuh..dan ramah… (bulunya putih ya?? hehehheh)

c. RUSA – elegan dan sopan

d. KUDA – mereka yang tidak terkekang dan bebas

2. Dalam masa pendekatan, cara pendekatan yang paling bisa bikin Kamu jatuh hati.

a. MONYET – kreatif, ngga pernah bikin ! kamu bosen

b.. SINGA – to the point, langsung nyatain tanpa spik yang bebelit

c. ULAR – ulur… tarik… ulur lagi… tarik lagi…, layangaaaan kali

d. JERAPAH – sabar… tapi never give up.

3. Kesan yang pengen kamu kasih liat ke pacar kamu, bahwa kamu adalah orang yang.

a. ANJING – setia dan bisa dipercaya

b. KUCING – gaya

c.. KUDA – optimis

d. ULAR – fleksibel

4. Situasi yang paling kamu benci, yang bisa jadi masalah dalam hubungan kamu.

a. SINGA – kesombongan pacar kamu dan sikapnya yang sok diktator

b. ULAR – emosional, moodmood-an, sehingga kamu ngga tau lagi musti gimana buat nyenengin dia

c. BUAYA – sadis (jangan diartikan secara fisik yah), berhati dingin, trus suka ngejek

d. HIU – insecure (apa yah bahasa indonya yang pas, ketidakamanan? ketidakstabilan? ketidakpastian? )

5. Hubungan yang pengen kamu jalanin dengan pacar kamu.

a. DOMBA – walaupun ngga ngomong tapi kalian saling tau isi hati masing2, dengan kata lain kalian tuh communicate by hearts

b. KUDA – saling terbuka, kebebasan mengungkapkan pendapat, ngga ada rahasia-rahasiaan

c. KELINCI – hubungan yang bisa bikin kamu selalu merasa nyaman dan saling mencintai

d. BURUNG – hubungan jangka panjang

6. Tentang perzinahan.

a. MANUSIA – kamu perduli dengan lingkungan dan moral, jadi kamu nggak akan macem-macem kalo nanti udah nikah (amieenn).

b. BABI – walaaahhh!! Kamu nggak bisa nahan godaan nih…

c. SAPI – sebisa mungkin sih kamu berusaha untuk tidak melakukannya

d. BURUNG – tidak stabil. Sebenernya kamu bukan orang yang cocok menikah dan membuat sebuah komitmen.

7. Pernikahan buat kamu .

a. DINOSAURUS – sedikit pesimis, kamu ngerasa sekarang ini udah ngga ada tuh yang namanya happy marriage.

b. HARIMAU PUTIH – buat kamu pernikahan adalah sesuatu yang berharga dan setelah kamu married kamu bakalan ngejaga banget

c. BERUANG KUTUB – kamu takut akan pernikahan

d. LEOPARD – kamu pengen banget nikah, tapi sebenernya kamu juga nggayakin betul apa sih pernikahan itu?

8. Saat ini, kamu menganggap cinta adalah.

a. SINGA – kamu selalu haus akan cinta. Tapi bukan berarti mudah jatuh cinta, tapi selalu ingin dicintai.

b. KUCING – kamu sedikit egois. Kamu melihat cinta sebagai sesuatu yang mudah didapat dan dibuang kapanpun kamu mau.

c. KUDA – kamu engga mau dikekang oleh hubungan yang terlalu serius. Kamu masih pengen juga “gebet sana gebet sini”

d. MERPATI – cinta buat kamu adalah sebuah komitmen yang dilakukan oleh kedua pihak.

Gimana? Cocok ngga?