otak manusia yang paling bahagia di dunia?

Posted On February 12, 2010

Filed under healthy, mixed

Comments Dropped 3 responses


Bahagia? siapa sih yang tidak menginginkan suatu kebahagiaan? setiap orang pasti menginginkan suatu kebahagiaan pada dirinya.

Adakah orang yang paling bahagia di dunia di tengah tumpukan masalah hidup yang melilit? Ternyata peneliti menemukan otak manusia paling langka yang berisi gelombang gamma, yakni gelombang yang diduga sebagai penentu kebahagiaan seseorang.

Gelombang gamma sangat jarang ditemukan pada manusia. Tapi otak seorang biksu berkebangsaan Perancis yang tinggal di daratan Himalaya diketahui penuh dengan gelombang gamma. Hal itu membuatnya dijuluki manusia paling bahagia di dunia.

Biksu tersebut bernama Matthieu Ricard. Menurut Ricard, kunci kebahagiaan terletak pada kekuatan mental.  ia percaya bahwa kebahagiaan akan diperoleh jika fokus pada kekuatan diri sendiri. Teknik meditasi dan sikap mementingkan kepentingan orang lain adalah kuncinya.

Ricard menyebutkan ada tujuh aspek yang mempengaruhi kebahagiaan dalam hidup seseorang, diantaranya keluarga, pekerjaan, kesehatan dan sikap mental. Semua aspek itu tergabung dan terperangkap dalam pikiran. Untuk itu, apapun yang terjadi dalam hidup, semuanya harus dikembalikan pada pikiran yang tenang.

“Jika seseorang bisa menenangkan pikiran, masalah apapun yang ada dalam hidup akan terasa baik-baik saja,” kata Ricard seperti dikutip dari Timesonline, Selasa (9/2/2010).

Teori memfokuskan dan menenangkan pikiran yang diterapkan Ricard ternyata diakui oleh para pakar otak. Berdasarkan hasil scan otak yang dilakukan peneliti dari University of Wisconsin terhadap Ricard, diketahui bahwa bagian abu-abu pada otaknya menghasilkan gelombang gamma.

Gelombang gamma adalah gelombang yang menentukan tingkat kesadaran, ingatan, pembelajaran dan lainnya. Dalam sejarah dan literatur neuroscience, gelombang gamma belum pernah ditemukan sebelumnya pada otak manusia. Gelombang gamma inilah yang mempengaruhi tingkat ketenangan dan kebahagiaan seseorang.

Peneliti tidak hanya memeriksa otak Ricard, tapi juga faktor lainnya seperti gerakan otot muka, kemampuan mempertahankan ketenangan dan sebagainya. Semua faktor itu jika digabungkan akan menghasilkan kesehatan otak yang optimal.

Meski Ricard diduga sebagai manusia paling bahagia di dunia, ia tidak pernah mengajak apalagi memaksa orang lain untuk masuk dan menganut agamanya. Pakar saraf dan otak pun hanya menyarankan agar orang-orang mengikuti teknik yang diterapkan Ricard jika ingin hidup tentram dan bahagia.

Beberapa teknik yang dianjurkan Ricard diantaranya yaitu meditasi, mendahulukan kepentingan orang lain dan melatih pikiran bawah sadar.

Tak jauh berbeda dengan Ricard, seorang pengarang buku ‘Happiness: Lessons from a New Science’, Lord Layard pun mengatakan bahwa rumus bahagia adalah bersosialisasi, membuat koneksi, bergerak secara aktif, terus belajar dan biasakan memberi sesuatu untuk orang lain.

Di samping kita dapat membantu orang lain dan membuat diri kita menjadi tenang, kita pun dapat mempunyai pelajaran dari pengalaman orang-orang yang telah kita bantu.

3 Responses to “otak manusia yang paling bahagia di dunia?”

  1. arif

    bahagia…

  2. Ang

    aku suka artikelmu yang ini…
    mau komen yah.. hee
    pada hakikatnya, bahagia adalah ketika hati kecil kita merasa tenang, tak terusik, tentram.. maka tak heran jika hati sedang tenang, akan tercermin pada sikap kita. Misalnya dengan adanya senyum, membantu, ikhlas, dan lain-lain..

    Meditasi yang dia lakukan sebenarnya bertujuan untuk mendapatkan ketenangan pikiran, namun bukankah pikiran bisa tenang ketika hatinya sudang lebih dulu?

    Islam sudah sejak dulu-dulu mendefinisikan kata “bahagia” plus ngasih kita tips untuk bisa mendapatkan kebahagiaan itu dalam satu ayat saja lho..

    “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.” (Ar Ra’du:28)

    tuh baca deh, “dengan mengingat Allah”… dzikrullah.. termasuk shalat..

    satu catatan tentang shalat yah bahwa shalat itu didirikan (dirikanlah shalat).. alis sebagai pondasi, bukan sekedar di kerjakan.. and lets get the happyness!!

    yuk jadi manusia yang bahagia..

  3. anung

    saya numpang mampir ya mbak..sebenarnya tips2 untuk bahagia itu sdah ada dlm islam,lihat firman-Nya: “Barangsiapa yang mengerjakan AMAL SALEH, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan BERIMAN, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya KEHIDUPAN YANG BAIK dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.(An-nahl:97)

    Iman dan amal saleh itulah syarat mendapatkan kebahagiaan,mudah sekali bukan? cuma masalahnya apa kita sudah beriman&beramal saleh? nah itulah intinya.itu secara globalnya, adapun rinciannya bisa seperti kata teh Ang,dengan dzikir dan shalat. bisa juga dengan qanaah dll.
    Adapun cara atau teori dari orang kafir untuk kebahagiaan, contohnya meditasi sebenarnya di islam sdh ada yang menyamai bahkan lebih bagus darinya yaitu shalat dan dzikir,stelah saya baca tentang meditasi ternyata proses bekerjanya “mirip” shalat, intinya hening &menenangkan jiwa, dan itu sekali lagi sdh ada dlm shalat yang KHUSYU.Islam adalah agama yang sempurna, maka seluruh sumber kebahagiaan dan keselamatan pasti ada di dalamnya.
    mungkin itu dari saya, maaf kepanjangan. barakallahu fiik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s